Sunday 29 April 2012

Grounding Pada Gitar

Pada instalasi gitar elektrik, grounding mempunyai peranan yang sangat penting. Mengapa? ya, grounding berperan vital dalam meredam noise atau desis, dan hum pada gitar. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa faktor penyebab hum dan noise tidak semata-mata hanya pada grounding. Namun, walaupun kita menggunakan pickup humbucker kelas highend (dimarzio, seymour duncan, dsb) tanpa grounding yang baik, noise dan hum pasti timbul.

Bagaimanakah cara grounding yang baik? Seringkali saya lihat banyak yang melakukan grounding dengan membuat beberapa titik grounding. Hal ini kurang tepat, karena aliran listrik dapat dianalogikan seperti aliran air. Air mengalir dari berbagai macam sumber menuju satu tempat yaitu muara yang akhirnya menuju ke laut. Begitu pula dengan arus listrik. Idealnya dari berbagai macam sumber listrik (dalam hal ini adalah pickup dan control) groundingnya menuju satu titik. Sistem inilah yang disebut dengan "Star Grounding".
star grounding

Seperti yang dapat kita lihat pada gambar di atas, grounding bertumpu pada satu titik. Seperti yang saya utarakan di atas, bahwa aliran listrik sepert aliran air. Jika melalui beberapa titik, maka pembuangan hum akan tersebar sehingga besar kemungkinan untuk menimbulkan "sisa" pada setiap titik tempat pembuangannya. 

Selain dengan cara star grounding, untuk lebih maksimal hasilnya ada baiknya melakukan shielding pada   cavity gitar anda. Shielding dapat dilakukan dengan cara melekatkan aluminium foil atau dengan menempelkan pelat tembaga tipis.


Shielding dengan aluminium foil
Shielding dengan tembaga


Grounding Pada Gitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

0 comments:

Post a Comment