Sunday 29 April 2012

Menghilangkan Karat Pada Part Gitar

Karat pada logam
Karat merupakan musuh yang menyebalkan bagi kita. Selain karena mengurangi estetika tampilan gitar kita, karat juga menyebabkan rusaknya part-part dari logam. Apalagi mur-baut yang berkarat dan tidak bisa dibuka, sangat-sangat bikin jengkel. Malah kadang karena sekrup tidak bisa dibuka, bagian lain (seperti body, neck, pickup) jadi ikut rusak saat mencoba membuka sekrup tersebut, sayang kan?

Karat timbul karena oksidasi pada logam. Biasanya karena kita kurang perhatian saat meletakkan gitar kita sehingga gitar kita terkena udara yang lembab, apalagi bagi yang tinggal atau sering berada di pantai. Garam lebih cepat menbimbulkan karat daripada air biasa. Selain itu timbulnya karat sering juga karena kita lalai (baca: males) membersihkan gear kita sehingga banyak debu yang menempel pada gear kita. Debu mudah menyerap air, ditambah dengan zat-zat yang terdapat pada debu itu sendiri akan menimbulkan karat pada gear kita.

Sebenarnya produsen komponen sudah mengantisipasi timbulnya karat. Biasanya mereka melakukan pengecatan, melapis dengan chromium (dikrom) atau bahan lain. Namun seiring dengan pemakaian, lapisan chrom atau cat akan menipis sehingga fungsi pelapisan untuk mengisolasi logam dari udara luar tidak bekerja secara optimal, dan timbulan yang namanya karat. Mengapa tidak semua part dibuat dengan baja tahan karat saja? Tidak semua part dapat dibuat dengan baja tahan karat (stain-less steel) karena beberapa sifat baja tahan karat yang bertentangan dengan fungsi part. Contohnya dawai pada gitar elektrik. Pada gitar elektrik dibutuhkan dawai yang mampunyai pengaruh pada medan magnet, sedangkan baja tahan karat pengaruh megnetnya tidak sebaik besi/baja biasa.

minyak mesin jahit
Perawatan yang dapat kita lakukan untuk mencegah karat pada instrumen kita, bersihkan secara berkala dan setelah kita mainkan (terutama bagi anda yang "mudah" berkeriangat pada tangan anda) karena keringat juga mengandung garam dan air (2 zat yang efektif untuk membentuk karat pada logam). Anda juga dapat melindungi instrumen anda dengan mengolesi minyak tipis-tipis pada part-part yang anda inginkan. Caranya cukup dengan memberikan beberapa tetes minyak (bisa minyak untuk mesin jahit) pada kapas, kemudian oleskan pada part yang anda inginkan. Oh iya, usahakan gunakan minyak jangan terlalu banyak, cukup rata saja, jangan sampai "basah" karena terlalu banyak minyak malah akan menjadi tempat menempelnya debu.



minyak kayu putih
Bagaimana jika sudah terkena karat? Jangan khawatir, selama karat belum terlalu parah (sudah terlalu dalam) masih dapat diatasi dengan bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita. Beberapa bahan yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan karat adalah minyak kayu putih, minuman cola, watu ijo. Caranya, dengan menggosok bagian yang berkarat dengan bahan-bahan tersebut sampai karatnya hilang (untuk watu ijo dapat dicairkan dulu dengan minyak tanah). Jika karat agak menonjol, bisa diampelas dahulu. Gunakan kertas ampelas yang halus (setidaknya ukuran P1000).  Tapi untuk karat yang stadium lanjut cara tersebut tidak bisa diaplikasikan, dan cara yang dapat ditempuh hanya dengan mengganti part tersebut.
watu ijo
cola

Menghilangkan Karat Pada Part Gitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

3 comments:

  1. Gan kalo cara bersihkan karat pada pick up gitar gimana ?
    Trus apakah ada efeknya pada suara gitar ?

    ReplyDelete