Wednesday 13 August 2014

5 Gitar Elektrik Terpopuler di Dunia

Setiap pembuat gitar pasti membuat gitar yang khas/unik. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa desain mereka seringkali terinspirasi oleh gitar yang telah ada sebelumnya. Berikut ini 5 gitar elektrik terpopuler di dunia yang juga menjadi inspirasi para produsen gitar.

1. Gibson Les Paul
Gitar Gibson Les Paul pertama kali diperkenalkan pada tahun 1952 dengan body depan berwarna emas, sehingga disebut 'Gold Top'. Gitar ini didesain oleh gitaris yang namanya terpampang pada gitar tersebut. Ya, Les Paul sebenarnya nama salah satu gitaris jazz, namun banyak orang yang tidak tahu mengenai hal tersebut dan menganggap Les Paul adalah nama gitar buatan Gibson.
Gibson Les Paul Model
Gitar ini terbuat dari kayu padat/solid body (biasanya mahoni) dengan konstruksi neck joint dilem (set-in -neck). Memiliki 22 fret, 2 buah humbucker pickup (kecuali buatan tahun-tahun awal), 2 kontrol volume, 2 kontrol tone, serta bodi atas melengkung (arch-top). Gitar ini juga memiliki 1 buah 3-way pickup selector dan fixed bridge.
Pada proses desain, Les Paul menginginkan gitarnya memiliki sustain yang panjang (oleh karena itu dipilih mahoni, set-in-neck, dan fixed bridge), dan itu merupakan karakteristik utama gitar ini (sustain dapat mencapai 20 detik). Hal ini dapat anda dengar pada penampilan live Gary Moore dengan lagunya Parisiene Walkways. Kombinasi solid body dan pickup ber-output tinggi membuat gitar ini cocok untuk sound yang memiliki gain tinggi berdistorsi panjang (genre musik rock, blues).
Gitar ini banyak digunakan oleh gitaris-gitaris dunia seperti, Slash, Jimy Page, Joe Perry, Gary Moore, dsb. Selain itu gitar ini sepertinya menjadi inspirasi bagi gitar-gitar lain seperti ESP Eclipse, Ibanez Artist, Cort CR series, dan lain-lain.
2. Fender Stratocaster
Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1954 sebagai sebuah gitar dengan cutaway ganda dan tidak mengalami perubahan desain hingga saat ini. Pada tahun 1980-an, gitar ini diproduksi di Jepang dengan logo Squier. Secara teknis pickup ber-output rendah dan fret yang tinggi membuat gitar ini tdak sesuai dengan musik rock, namun pada kenyataanya banyak sekali gitaris yang menggunakan gitar ini untuk nge-rock dan hasilnya tidak mengecewakan.
Fender Stratocaster
Stratocaster memiliki 3 buah pickup single (beberapa model menggunakan 2 buah humbucker, dan menggunakan kombinasi humbucker dan single untuk versi 3 pickupnya). Selain itu, gitar ini juga dibuat dengan solid body dan konstruksi neck joint bolt-on. Model ini juga memiliki unit tremolo, namun untuk permainan tremolo gila-gilaan anda mungkin membutuhkan sebuah Locking Tremolo (Floyd Rose, Kahler) atau setidaknya locking tuner/machine heads.
Gitar ini digunakan oleh Yngwie Malmsteen, Eric Clapton, Jeff Beck, Ritchie Blackmore, Jimi Hendrix, dsb. Gitar yang terinspirasi oleh gitar ini antara lain Dean Avalanche, EVH Frankenstrat, ESP Vintage Plus, dsb.
3. Fender Telecaster
Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950 dengan nama Broadcaster (prototype dibuat pada 1949 dan menjadi salah satu gitar termahal di dunia), namun nama Broadcaster diganti menjadi Telecaster karena Broadcaster telah dipakai Gretsch untuk salah satu produk drumnya.
Fender Telecaster
Telecaster memiliki 2 buah single pickup dengan 1 volume dan 1 tone control, serta 1 buah 3 way pickup selector (kecuali untuk tipe-tipe tertentu/khusus). Pada umumnya, telecaster memiliki body padat/solid, namun ada beberapa seri dibuat dengan body berongga (hollow).
Fender mengeluarkan model telecaster dengan 1 buah bridge pickup. Gitar ini diberi nama Esquire. Jadi, perbedaan Esquire dengan Telecaster adalah pada jumlah pickupnya.
Gitar ini digunakan oleh gitaris-gitaris dunia seperti Bruce Springsteen, John 5, Keith Richard, dsb. Produk yang terinspirasi/memiliki bentuk yang mirip dengan gitar ini antara lain ESP TE series, Ibanez TR, Rockwell, dsb.
4. Gibson SG
Diperkenalkan pada tahun 1961, gitar ini juga didesain untuk Les Paul. Gitar ini memiliki body yang rata (flat-top), dengan dua buah cutaway. Dengan body seperti itu, banyak orang menyebutnya "Gibson Batman".
Gibson SG
Gibson SG memiliki 2 buah humbucker pickups (beberapa model memiliki 3) dengan 2 buah tone control dan 2 buah volume control serta 1 buah 3 way pickup selector. Untuk sound, SG menghasilkan tone yang lebih menggigit daripada Les Paul Model, namun untuk tone Low-end nya masih kalah dengan Les Paul Model (LPM). 
Gitar ini dibuat dengan mahoni sebagai material utamanya. Seperti pada LPM, SG juga menggunakan solid body, oleh karena itu diberi nama SG yang berarti Solid Guitar. Body SG lebih tipis daripada LPM. Untuk neck joint sendiri (untuk produk entry level digunakan Bolt-on), SG menggunakan sistem yang sama dengan LPM yaitu set-in neck, bedanya sambungan neck LPM pada fret 16, sedangkan SG pada fret 19 yang memungkinkan pengguna untuk bergerak lebih leluasa pada fret-fret belakang.
Banyak gitaris yang memakai gitar ini, antara lain Angus Young, Frank Zappa, Tony Iommy, dsb. gitar yang memiliki betuk yang mirip dengan gitar ini antara lain, ESP Viper, Radix GES, Ibanez GAX (Ibanez pada awal berdiri membuat copy dari gitar ini dan ketiga gitar di atas), dsb.
5. Gibson Flying V
Diperkenalkan pada tahun 1957 dengan body dari kayu korina (mirip mahoni namun dengan warna lebih cerah). Gitar ini didesain dengan tujuan untuk menambah kesan futuristik Gibson. Pada kenyataannya, gitar ini tidak terjual dengan memuaskan , sehingga pada tahun 1959, gitar ini berhenti diproduksi. Pada tahun 1967, gitar ini diproduksi ulang namun dengan body mahoni. Flying V buatan tahun 1957-1958 (dengan body kayu korina) sekarang memiliki nilai yang tinggi sekitar $200.000 sampai $250.000 (sekitar 2 M).
Add caption
Gitar ini memiliki 2 buah humbucker pickup, fixed bridge, dan set-in neck.
Flying V hampir identik dengan musik metal. Selain karena bentuknya, gitar ini juga banya dimainkan oleh gitaris-gitaris metal seperti Michael Schenker, J Geils, Kery King, dsb.

Gitar yang memiliki bentuk mirip dengan gitar ini antara lain Dean V, B.C Rich KKV, Jackson King V, Jackson Randy Rhoads, dsb.

5 Gitar Elektrik Terpopuler di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

0 comments:

Post a Comment