Sunday 29 April 2012

Wiring Stratocaster

Stratocaster merupakan gitar buatan Fender. Gitar ini merupakan salah satu gitar legendaris di dunia. Bahkan banyak perusahaan di luar Fender yang juga memproduksi stratocaster versi mereka.

Stratocaster standar menggunakan 3 buah single pickup (sering disebut S-S-S atau single-single-single) pada posisi neck, mid, bridge, namun ada juga yang menggunakan humbucker pada bridge pickupnya (S-S-H, Single-Single-Humbucker). Bahkan ada juga yang menggunakan 2 humbucker pada neck dan bridge pickup (konstruksi H-H, tanpa mid pickup), ada pula yang hanya dipasang bridge pickupnya saja, tergantung dari serinya, dan biasanya yang menggunakan konfigurasi di luar kebiasaan (S-S-S, S-S-H, atau H-H) adalah signature series artis, sehingga konfigurasinya sering terlihat aneh karena disesuaikan dengan artis yang bersangkutan. Contohnya Fender Stratocaster Wayne Kramer series yang menggunakan konfigurasi S-H-S.
Stratocaster S-S-S

Stratocaster S-S-H
Stratocaster Wayne Kramer signature series (S-H-S)
Untuk controlnya, pada umumnya stratocaster memiliki 1 volume control dan 2 tone control. Untuk selectornya, yang lazim digunakan adalah 5 way selector (stratocaster dengan 3 pickup (S-S-S atau S-S-H)), dan 3 way selector untuk versi H-H-nya.

Berikut ini diagram/skema wiring atau pengkabelan dari stratocaster, yang mungkin berguna bagi pembaca sekalian yang ingin mengotak-atik strat-nya tapi belum tahu skema wiringnya.
Wiring Stratocaster 3 Pickup

Wiring Stratocaster 2 pickup (H-H)





Wiring Stratocaster Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

0 comments:

Post a Comment