Thursday 14 August 2014

Tips Memilih Pickup Gitar

Tips Memilih Pickup Gitar (serba-serbi gitar). Pickup merupakan piranti vital pada gitar elektrik. Tanpa adanya perangkat ini, suara dawai tidak akan bisa diproses secara elektronik oleh efek maupun amplifier. Selain itu, pickup juga mempunyai kontribusi yang besar terhadap sound yang dihasilkan oleh sebuah gitar elektrik. Oleh karena itu, untuk menghasilkan sound yang sesuai dengan telinga kita, dibutuhkan pula pickup tang tepat.
Jika kita gitaris yang sudah terkenal, tentunya kita tidak akan pusing mengenai pickup, karena kita tinggal memberitahukan sound yang kita inginkan kepada produsen pickup dan mereka akan membuat pickup sesuai dengan keinginan kita (dewasa ini kita juga sudah bisa memesan pickup sesuai dengan keinginan kita sendiri, namun tentunya dengan harga yang lumayan lebih mahal daripada pickup standar). Atau untuk anda yang kreatif, anda dapat membuat sendiri pickup sesuai dengan keinginan anda. Namun, bagi anda yang tidan termasuk 2 kategori di atas, berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat membantu anda dalam memilih pickup.
Tentukan jenis musik anda. Jenis musik akan sangat berpengaruh terhadap jenis pickup yang anda gunakan. Pickup dengan output yang besar cocok digunakan untuk musik dengan karakter sound gitar yang high gain. Sebaliknya, pickup yang ber-output rendah pas digunakan untuk musik yang membutuhkan gitar dengan sound yang cenderung clean (Fuzz, Clean, drive dengan gain yang tidak terlalu tinggi).
Humbucker atau Single? Pickup humbucker didesain untuk menghilangkan noise pada pickup single, namun sekarang sudah banyak beredar pickup single rendah noise, sehingga pemilihan humbucker atau single sekarang lebih ke sound yang dihasilkan. Humbucker menghasilkan sound yang tebal, sedangkan pickup single menghasilkan sound yang bersih/clean. Sehingga humbucker cocok digunakan untuk sound yang gahar, dan single untuk sound bersih.
Pickup Single
Humbucker
Alnico atau Ceramic? Seperti yang sudah saya tulis pada artikel "Faktor Penyebab Berbedanya Sound Pickup"Penyebab berbedanya sound pickup, jenis magnet juga mempengaruhi sound pickup. Alnico menghasilkan sound yang warm, smooth,  sedang ceramic menghasilkan sound yang treble dengan clarity yang menawan.
Active atau Passive? Sebenarnya pemilihan active atau passive tergantung selera saja. Pada umumnya pickup active mempunyai output yang tinggi dengan kadar noise yang rendah (karena preamp yang tertanam di dalamnya). Pada pickup active, sound yang dihasilkan cenderung gahar, sehingga pickup active sering digunakan oleh gitaris-gitaris metal (Kirk Hammett, James Hetfield, Mick Thomson, MAB, dll). Namun, gitaris lainnya tidak menyukai pickup active karena suara yang dihasilkan kurang natural. Ya, pickup active cenderung menutupi karakter kayu, karena karakter ditentukan dari preampnya.
Pickup Passive
Pickup Active
Mungkin itu sedikit Tips Memilih Pickup Gitar. Namun tips yang paling ampuh adalah "cobalah pickup itu sendiri" karena bagaimanapun sound itu urusan telinga dan hati, bukan hitungan matematis dan teori. Salam genjreng...

Tips Memilih Pickup Gitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

0 comments:

Post a Comment