Wednesday 25 April 2012

Pickup Gitar

Pickup merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah gitar elektrik. Mengapa? karena tanpa perangkat yang bernama pickup tersebut, getaran dawai pada gitar elektrik tidak dapat diproses secara elektronik. Sesuai dengan namanya, jika gitar elektrik tidak dapat memproses getaran dawai secara elektronik, maka namanya bukan gitar elektrik. Pickup Biasanya sipasang pada pangkal neck, depan bridge dan di antara keduanya. Seperti apakah sebenarnya pickup gitar elektrik itu sehingga begitu pentingnya dalam gitar elektrik? berikut sedikit yang saya ketahui tentang pickup gitar.


Pickup  adalah perangkat yang berfungsi sebagai transduser yang menangkap getaran mekanik dari dawai dan mengubahnya menjadi sinyal elektrik yang kemudian diteruskan ke penguat suara. Prinsip dasarnya adalah dengan memanfaatkan induksi elektromagnet, yang mana getaran senar "mengganggu" garis-garis gaya elektromagnetik. Atau dalam pengertian awamnya, pickup bekerja seperti microphone, yaitu merubah getaran suara menjadi sinyal elektronik. Pickup gitar terbuat/disusun atas sebuah (beberapa jenis pickup menggunakan lebih dari 1 magnet berbentuk silinder) magnet yang disekitarnya dilitkan kawat tembaga tipis. 
Pada awalnya, pickup dibuat dari magnet dengan 1 buah kumparan (sekarang disebut dengan single coil pickup atau pickup kumparan tunggal).

Sejarah Pickup

Pada pertengahan tahun 1920an seorang gitaris Los Angeles, yang bernama George Beauchamp memulai percobaan mengenai penguatan suara gitar secara elektronik.  Berbekal sebuah pickup dari phonograph, dia memulai berbagai macam kombinasi magnet dan kumparan tembaga dengan harapan terciptanya sebuah pickup elektromagnetik untuk gitar. Pada mulanya dia menggulung kawat tembaga dengan motor dari mesin cuci. Pada awalnya pickup buatan Beauchamp terdiri dari 2 buah manget ladam (magnet U) dengan 1 buah kumparan, sehingga pada saat itu pickup buatannya disebut "horseshoe pickup" atau pickup tapal kuda.
Horseshoe pickup buatan Beauchamp
Pada tahun 1935, Gibson Guitar Corp (salah satu perusahaan gitar di Amerika) memperkenalkan "bar pickup" atau pickup batang yang diberi nama P-90. Pada pickup ini magnet yang digunakan adalah magnet batang, bukan magnet  "U" seperti buatan beauchamp. Pickup ini terdiri dari sebuah logam yang disisipkan di antara kumparan tembaga sebagai "pole piece" atau kutub magnet bagi seluruh dawai. Sedangkan magnetnya sendiri dilekatkan di bawah Kumparan. Jadi logam yang berada di antara kumparan hanya berfungsi sebagai penghantar magnet.
Gibson P-90
Bagian Pickup Gibson P-90
Pada awal tahun 1950an banyak gitaris mengeluh karena pickup bar buatan Gibson menghasilkan hum yang mengganggu permainan mereka (hum merupakan masalah klasik pada pickup dengan kumparan tunggal). Untuk mengatasinya, Joseph Raymond "Ray" Butts (yang kemudian bekerja pada perusahaan Grestch) menciptakan sebuah pickup bebas hum, yang disebut "Humbucker", namun Seth Lover (dari Gibson Guitar corp.) juga melakukan hal yang sama. Hal ini menimbulkan perdebatan mengenai siapa pembuat humbucker pertama, namun Ray Butts mendapatkan hak paten atas humbuckernya terlebih dahulu (U.S. Patent 2,892,371) daripada Seth Lover (U.S. Patent 2,896,491). Keduanya memiliki konsep yang sama dalam menghilangkan hum dari pickup kumparan tunggal, yaitu dengan menempatkan 2 buah pickup single coil menjadi 1 pickup huimbucker. Jadi, pickup humbucker memiliki 2 buah kumparan. Pada kenyataanya Ray Butts tidak pernah diakui sebagai pembuat humbucker yang pertama.
Humbucker pickup


Bagian Pickup Humbucker

Pickup Gitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

0 comments:

Post a Comment