Wednesday 25 April 2012

Tips Merawat Gitar

Seringkali kita mengabaikan perawatan gitar kesayangan kita. Gitar hanya kita pakai tanpa kita rawat. Lama-lama kita merasakan bahwa gitar kita menjadi kurang nyaman dipakai, kemudian kita menganggap karena gitar kita memiliki kualitas yang kurang baik. Padahal, gitar yang baik pun akan tidak nyaman dipakai tanpa perawatan yang baik. 

Kita sering mengabaikan hal-hal kecil yang sebenarnya dapat berdampak besar pada "kesehatan" instrumen gitar kita. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat gitar yang mungkin bisa diaplikasikan untuk menjaga gitar kesayangan kita.

  1. Tempatkan gitar pada tempatnya, menyimpan gitar jangan sembarangan, alangkah baiknya jika anda memiliki tas gitar. Tas gitar akan melindungi gitar anda dari debu yang dapat memperpendek usia pakai dawai anda. Akan lebih baik lagi jika anda memiliki hard case gitar (sering juga disebut koper gitar) karena selain debu hardcase juga melindungi gitar anda dari benturan.
  2. Letakkan gitar dengan benar, letakkan gitar pada stand gitar, jangan biasakan meletakkan gitar anda dengan posisi neck bersandar pada dinding, karena hal itu dapat menyebabkan neck gitar anda menjadi bengkok. Neck yang bengkok akan sangat berpengaruh pada playbility/kenyamanan gitar anda.
  3. Hindarkan gitar dari tempat lembab atau terlampau panas,  hampir semua gitar dibuat dari kayu. Kayu yang lembab menjadi tempat yang ideal bagi tempat tumbuhnya jamur dan jamur dapat melapukkan kayu yang ditumbuhinya. Selain itu, tempat yang lembab dapat membuat lem pada gitar (terutama gitar akustik) terlepas, dan juda dapat membuat neck mudah bengkok, karena kayu yang basah cenderung menjadi lebih lentur. Demikian juga tempat yang terlalu panas dapat merusak gitar, terutama untuk gitar akustik yang terbuat dari kayu lapis atau papan tipis. Kayu tersebut akan retak atau melengkung karena kehilangan kadar air dari batas maksimal kekeringannya. 
  4. Jangan tumpuk gitar dengan barang lain, ya, gitar tidak didesain untuk diletaki barang di atasnya, kalaupun ada konstruksi kerangka pada body/tabung gitar itu hanya sebatas untuk menahan dari tarikan dawai bukan tekanan dari luar. 
  5. Jika lama tidak dipakai, ada baiknya kendorkan steman gitar, kenapa? karena dawai gitar yang selalu dalam posisi tegang akan menarik neck sehingga menjadi melengkung. Jika hal ter
  6. Bersihkan gitar setelah dipakai, kebersihan gitar juga sangat berpengaruh pada kenyamanan gitar . Gitar yang kotor, terutama pada dawai dan fretboard akan mengurangi kejernihan suara yang dihasilkan.
  7. Gantilah dawai, jangan merasa sayang mengganti dawai jika sudah rusak, karena dawai gitar menymbang porsi yang besar dalam suara gitar. Dawai yang baik dan terawat akan menghasilkan suara yang lebih baik.
  8. Mainkan gitar sewajarnya, yang namanya gitar itu dimainkan dengan cara dipetik, jangan sekali-kali anda memaikan gitar dengan dipukul, diinjak, atau bahkan dibakar, hmmm kecuali anda adalah artis yang dituntut untuk berlaku demikian. 

Tips Merawat Gitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

0 comments:

Post a Comment