Thursday 7 August 2014

Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar

Anda mungkin kadang bertanya-tanya mengapa pickup yang dipasang pada gitar yang sama seringkali menghasilkan tone yang berbeda. Padahal secara fisik, DC resistance, dan konstruksi tidak ada yang berbeda. Berikut ini beberapa faktor yang menjadi Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar.
Faktor pertama adalah ukuran bobbin (tempat menggulung kawat tembaga). Bobin yang sempit dan tinggi akan menghasilkan sound yang lebih bright (clarity lebih jelas) daripada bobin yang lebar dan pendek yang akan menghasilkan sound yang cenderung lebih gemuk.

Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar
bobin lebar dan pendek untuk sound gemuk
Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar
Bobon tinggi untuk sound yang bright

Faktor kedua adalah jumlah lilitan. Semakin banyak jumlah lilitan pada sebuah pickup akan menghasilkan output yang lebih besar (keras). Jadi jika anda menginginkan sound dengan gain tinggi, pilihlah pickup dengan jumlah lilitan terbanyak, atau dengan kata lain pilihlah pickup dengan DC resistance tinggi, karena semakin banyak lilitan semakin besar pula DC resistancenya. Namun konsekuensi yang harus anda terima adalah berkurangnya treble response dari pickup ber DC resistance tinggi.
Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar
Faktor ketiga adalah jenis magnet. Jenis magnet yang digunakan oleh sebuah pickup memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap sound. Jika anda menginginkan sound yang treble, gunakan pickup dengan ceramic magnet, namun jika anda menginginkan sound yang warm, smooth, gunakan alnico (magnet terbuat dari campuran aluminium, nickel, dan cobalt)
Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar
Ceramic Magnet
Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar
Alnico Magnet
Faktor keempat adalah pole piece. Pole piece juga menyumbang peranan yang cukup penting. Pole piece yang terbuat dari magnet (biasa ditemukan pada single coil pickup) akan memberikan sensitifitas terhadap getaran dawai lebih baik daripada pole piece metal.
Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar
Magnet pole piece

Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar
Metal pole piece
Faktor kelima adalah tebal pole piece. Pole piece yang tebal akan menghasilkan sensitifitas, midrange, dan power lebih besar daripada pole piece tipis.
Faktor keenam adalah kekuatan magnet. Semakin kuat magnet yang terpasang pada sebuah pickup, akan menghasilkan respon terhadap vibrasi dawai yang lebih baik. Selain itu magnet yang kuat juga akan menghasilkan suara yang lebih treble.
Faktor ketujuuh adalah jenis humbucker. Ada 3 macam konstruksi humbucker, yang pertama adalah humbucker dengan 2 buah kumparan yang berlawanan arah lilitannya, kedua adalah Stack Humbucker yaitu humbucker dengan 2 buah kumparan yang ditumpuk, yang terakhir adalah Air Humbucker, yaitu humbucker dengan 2 kumparan namun hanya 1 kumparan yang diberikan medan magnet. Dari ketiga jenis humbucker tersebut, Standart humbucker menghasilkan tone yang kurang treble (treble secara tidak sengaja juga ikut diminimalkan), sedangkan 2 lainnya menghasilkan tone seperti single coil namun dengan power yang sedikit lebih rendah.
Demikian beberapa Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar. Oh iya faktor-faktor di atas hanya berlaku untuk pickup pasif, karena pada pickup aktif, sound cenderung diatur oleh preamp yang tertanam di dalamnya. 

Penyebab Berbedanya Sound Pickup Gitar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

0 comments:

Post a Comment