Sunday 9 October 2011

Ibanez Premium, Kasta Baru Keluarga Ibanez

Ibanez merupakan salah satu produsen gitar terpopuler di dunia untuk saat ini. Hal ini tidak lepas dari deretan gitaris papan atas dunia yang mereka endorse. Steve Vai, Joe Satriani, Paul Gilbert, Andy Timmons adalah beberapa dari sekian banyak gitaris yang dibuatkan signature sendiri oleh Ibanez.

Baru-baru ini Ibanez mengeluarkan seri terbarunya. Ini cukup menarik, karena Ibanez tidak menambah model gitarnya, tapi menambah "kasta" dari gitar mereka. Jika sebelumnya kita hanya mengenal 3 kasta dalam produk Ibanez yaitu Prestige, non Prestige, dan GIO, maka pada tahun 2011 ini Ibanez menambahkan kasta di bawah Prestige yaitu Premium.
Ibanez Premium

Menurut saya Premium ditujukan sebagai jalan tengah bagi para gitaris yang menginginkan Prestige namun budget terbatas. Ya, memang Premium series ini memiliki feel (terutama necknya) yang dapat dikatakan setara dengan Prestige series namun dengan harga yang di bawah Prestige. Namun untuk elektroniknya masih di bawah Prestige namun tetap masih di atas seri non-Prestige. Untuk tremolonya sendiri Premium menggunakan Edge Zero II (versi "down grade" dari Edge Zero yang dipasang pada Prestige) yang sudah dilengkapi Zero Point System yang membuat tuning tetap stabil meskipun ada 1 dawai yang out of tune atau bahkan putus.

Edge Zero II Tremolo
Zero Point System
Hal lain yang membedakan Premium series dengan non-Prestige adalah konstruksi necknya. Konstruksi neck Premium sudah sama dengan Prestige (5 pc, tanpa sambungan head dengan neck) di mana konstruksi ini menghasilkan kekuatan dan sustain yang lebih baik.
5pc neck

Mungkin hal lain yang perlu kita apresiasi adalah, ternyata Premium series dibuat di Indonesia, tepatnya di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Ini dapat kita lihat pada tulisan di belakang headstocknya. Ya, patut bangga karena gitar buatan kita ditempatkan sebagai produk terbaik kedua (di bawah Prestige) mengalahkan produk-produk negara lain. 

Buatan Jawa Timur, Indonesia


Beriku ini beberapa video mengenai Ibanez Premium series :






















Ibanez Premium, Kasta Baru Keluarga Ibanez Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

0 comments:

Post a Comment