Tuesday 12 June 2012

Jimi Hendrix

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Jimmi Hendrix, ya dia adalah salah satu gitaris terhebat sepanjang masa. Gitaris yang nama aslinya James Marshall Hendrix (nama aslinya adalah Johnny Allen Hendrix namun dirubah oleh ayahnya menjadi James Marshall Hendrix) ini lahir di Seattle, Washington pada tanggal 27 November 1942. 

Hendrix terpengaruh oleh beberapa musisi, antara lain, BB King dan Muddy Waters. Hendrix juga pernah bekerja bersama banyak tokoh R n B termasuk Little Richards, Curtis Knight, dan Ike Turner, sampai pada suatu saat ia bertemu dengan Chas Chandler. Chas Chandler yang juga bassist The Animal, kemudian membawa Hendrix ke Inggris.

Pada tahun 1966, Hendrix membentuk band yang bernama Jimi Hendrix Experience dengan Noel Redding sebagai pemain bass, dan Mitch Mitchell sebagai penggebuk drum. 

Gitaris kidal ini meninggal dunia pada tanggal 18 September 1970. Penyebab kematian yang dirilis adalah karena tersedak mutahannya sendiri saat tidur, namun banyak rumor yang beredar bahwa Hendrix tewas karena overdosis narkotik.

Hendrix paling sering (hampir selalu) menggunakan gitar Fender Stratocaster "normal" (bukan left-handed/kidal) yang "dikidalkan" dengan dipakai secara terbalik (Hendrix adalah pemain gitar kidal). Untuk ampli, dia memakai ampli buatan Marshall. Selain itu, Hendrix juga memakai beberapa efek stompbox (wah, fuzz, dsb) yang telah dimodifikasi oleh Roger Mayer (salah satu ahli efek Inggris).

Hendrix dengan Fender Stratocaster
Fender Stratocaster Hendrix

Pada setiap penampilannya, Hendrix seringkali melakukan hal yang "nyleneh" untuk ukuran saat itu. Hendrix sering memainkan gitar di belakang kepalanya, menggunakan tremolo gitar secara ekstrim, memetik dawai dengan gigi, membakar gitar, dan lain-lain.

Lagu fenomenal dari Hendrix adalah All Along The Watchtower, yang aslinya dimainkan oleh Bob Dylan. Selain itu rekaman live Hendrix saat memainkan The Star Spangled Banner dimana Hendrix menggunakan tremolo barnya untuk menirukan suara roket, bom, dsb juga menyita banyak perhatian penggemarnya. Berikut video dari kedua lagu tersebut.




Jimi Hendrix Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

0 comments:

Post a Comment