Tuesday 5 August 2014

Cara Stem Gitar (Tuning)

Stem gitar
Cara stem gitar (Tuning) (serba-serbi gitar). Stem gitar atau orang bule bilang guitar tuning merupakan kegiatan yang sebaiknya (kalau menurut saya sih mutlak/wajib) dikuasai oleh seorang gitaris. Yah logikanya aja, bagaimana mungkin gitaris dapat memainkan gitarnya dengan dengan maksimal kalau gitarnya aja fals / out of tune. Selain itu kegiatan menyelaraskan dawai gitar ini juga merupakan salah satu perawatan gitar, sehingga gitar kesayangan anda selalu dalam kondisi "siap tempur".
Oke, langsung saja, pada artikel ini akan kita bahas cara stem gitar (tuning) standar (ada bermacam-macam jenis steman gitar, bergantung pada selera dan kebutuhan gitaris). Steman gitar standar (6 String) mempunyai nada pada masing masing dawainya dari dawai pertama (paling kecil) ke nomor 6 (paling besar) yaitu :
e, B, G, D, A, E (nada e pada dawai 1 lebih tinggi 1 oktaf daripada nada E pada dawai ke 6). Untuk menyetem, pertama kali tentukan salah satu nada pada salah satu dawai, bisa dengan mencocokkan dengan piano/keyboard, atau gitar lain yang in tune, garpu tala (frekuensi dawai 1-6 berturut-turut : 329,6hz, 246,9hz, 196,0hz, 146,8hz, 110,0hz, 82,4hz), atau cocokkan dengan lagu yang telah dikuasai (pastikan mengetahui chord yang benar dan jenis steman yang digunakan oleh artist yang bersangkutan). Setelah ditentukan nada pada 1 dawai (menaik turunkan steman dengan memutar tuning keys (lihat anatomi gitar) bagi yang belum tahu aja). Setelah itu, sesuaikan dawai lainnya dengan persamaan nada : 

  • nada dawai 1 = nada dawai 6 pada fret 12 = nada dawai 2 pada fret 5
  • nada dawai 2 = nada dawai 3 pada fret 3
  • nada dawai 3 = nada dawai 4 pada fret 5
  • nada dawai 4 = nada dawai 5 pada fret 5
  • nada dawai 5 = nada dawai 6 pada fret 5
Setelah melakukan penyesuaian tersebut maka seharusnya gitar anda sudah dalam keadaan in tune atau sudah stem. Namun jika ternyata gitar anda masih fals, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkannya antara lain, usia dawai anda sudah uzur, intonasi gitar anda perlu dicek ulang (posisi saddle dan nut perlu disetel ulang), anda kurang jeli membedakan nada yang keluar dari dawai gitar anda (dalam hal ini butuh jam terbang, hehehehe...). 
Jika cara tersebut dianggap terlalu ribet, maka anda dapat menggunakan tuner elektrik (digital atau analog) yang cukup mudah didapatkan di toko musik terdekat, jika anda menggunakan multi efek digital, fitur tuner hampir pasti ada dalam efek anda. Menggunakan tuner elektrik, anda tinggal mengikutiyang terpampang pada tuner tersebut. Jika anda memetik nada tertentu, maka tuner akan menampilkan nada tersebut, dan anda tinggal mengatur dryer/tuning keys untuk menyesuaikan nada yang seharusnya.

Guitar Tuner

Mungkin demikian cara stem gitar (tuning) versi saya, semoga bermanfaat.

Cara Stem Gitar (Tuning) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: masbei

0 comments:

Post a Comment